Beranda Tips Perikanan Jenis Ikan Hias Air Tawar dan Harganya, Ada yang Dijual Puluhan Juta!

Jenis Ikan Hias Air Tawar dan Harganya, Ada yang Dijual Puluhan Juta!

857

Jenis Ikan Air Tawar dan Harganya

Info Sikumis – Apakah Anda sedang mencari informasi jenis ikan hias air tawar dan harganya? Ikan hias merupakan salah satu binatang peliharaan yang cukup populer. Di pasaran, ikan hias sendiri ada dua macam, yaitu ikan hias air tawar dan ikan hias air laut. Namun yang sering dijadikan pengisi akuarium di rumah adalah jenis ikan hias air tawar karena lebih mudah dipelihara.

Mengapa Banyak yang Suka Memelihara Ikan Hias?

Sebelum membahas lebih jauh tentang jenis ikan hias air tawar dan harganya, mungkin kita singgung sedikit mengapa banyak orang yang suka memelihara ikan hias di rumah. Salah satu alasannya adalah karena memelihara ikan dapat memberikan suasana yang tenang bagi pemiliknya.

Ikah Hias Air Tawar Assorted Discus

Rekomendasi produk: Benih Ikan Koi Sikumis

Berbeda dengan jenis binatang peliharaan yang lain, seperti anjing atau kucing yang seringkali menyebabkan suara berisik. Sedangkan ketika Anda memelihara ikan hias, tampaknya ikan cukup handal untuk membuat nuansa yang tenang dan nyaman di rumah Anda.

Selain itu, memelihara ikan hias juga cukup menghemat ruang dan tidak membutuhkan biaya makan yang banyak. Untuk memelihara ikan hias, Anda bisa menggunakan akuarium dengan ukuran yang tidak perlu terlalu besar. Karena memang umumnya ikan hias berukuran kecil-kecil, kecuali untuk ikan hias yang jenisnya besar seperti ikan arwana.

Jenis Ikan Hias Air Tawar dan Harganya

Ada setidaknya 8 jenis ikan hias air tawar yang mudah untuk dipelihara. Bagi pemula yang ingin memelihara ikan, bisa memilih salah satu jenis ikan hias air tawar berikut ini:

  • Ikan Cupang

Ikan cupang jadi yang paling favorit untuk peliharaan di rumah. Jenis ikan yang masih satu keluarga dengan gurami ini memiliki banyak warna yang cantik dan beragam. Bahkan ikan cupang sering dilombakan dalam kategori ikan tercantik. Apalagi dari segi perawatan, ikan cupang ini cukup mudah untuk dirawat dan dipelihara. Karena ikan cupang masih bisa hidup meskipun tidak ada oksigen. Harga ikan cupang di pasaran umumnya mulai dari Rp 5.000.

Rekomendasi produk: Ikah Hias Air Tawar Assorted Discus Sikumis

  • Ikan Guppy

Jenis ikan hias air tawar lainnya yang juga memiliki perawatan yang mudah adalah ikan guppy. Ikan dengan ekor dan sirip warna warni ini cukup mudah berkembang biak. Sehingga cocok untuk peliharaan di akuarium rumah Anda. Harga ikan guppy sendiri mulai dari Rp 15.000.

  • Ikan Pedang

Sesuai dengan namanya, jenis ikan ini memiliki ciri khas sirip yang memanjang seperti pedang. Ini adalah ciri pejantan dari ikan pedang dengan warna merah. Ikan pedang juga termasuk ikan hias air tawar yang mudah untuk dipelihara, karena tidak membutuhkan tempat yang besar dan bisa bertahan meskipun tidak ada alat oksigen. Harga ikan pedang dijual mulai dari Rp 10.000.

  • Ikan Molly

Jinak, cantik dan mudah untuk dirawat adalah ungkapan yang tepat untuk ikan imut ini. Karena ukurannya yang kecil dan gempal, sehingga ikan ini terlihat lucu dan menggemaskan untuk dipelihara. Jika ingin membeli ikan molly, ikan ini dijual mulai dari Rp 5.000 hingga ratusan ribu.

  • Ikan Tetra

Karena sifatnya yang berkoloni, sehingga ikan ini lebih cocok ketika dipelihara dalam jumlah yang banyak. Tidak cuma mudah untuk dipelihara, jenis ikan ini juga dijual dengan harga yang sangat terjangkau yaitu mulai dari Rp 2.000 hingga puluhan ribu.

  • Ikan Manfish

Ikan dengan nama lain Angel Fish ini cukup elegan untuk menghiasi akuarium Anda. Memiliki bentuk pipih dengan sirip panjang yang cantik. Ikan ini bergerak dengan tenang sehingga membuat siapapun ikut merasa rileks ketika melihatnya. Ikan manfish dijual mulai dari Rp 15.000.

  • Ikan Platy

Ikan yang mirip dengan ikan molly ini juga cukup mudah untuk dipelihara dan memiliki sifat yang jinak. Sehingga ikan ini bisa dipelihara menjadi satu akuarium dengan jenis ikan hias air tawar yang jinak lainnya. Harga ikan ini juga cukup murah, yaitu mulai dari Rp 10.000.

  • Ikan Komet

Mungkin jenis ikan ini jadi yang paling banyak dipelihara sebagai ikan hias air tawar. Selain karena perawatannya yang mudah, ikan ini juga cukup bersahabat ketika berbagi akuarium dengan jenis ikan hias lainnya. Ikan komet dijual mulai dari Rp 5.000.

Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Termahal

Sebenarnya jenis ikan hias air tawar dan harganya cukup banyak sekali selain dari 8 jenis yang sudah disebutkan sebelumnya. Bahkan ada juga jenis ikan hias air tawar yang dijual dengan harga yang fantastis yakni mencapai puluhan bahkan ratusan juta rupiah.

Rekomendasi produk: Ikan Hias Air Tawar Albino Oscar 1,5″ Sikumis

Salah satunya adalah jenis ikan Arwana yang memang sudah sejak lama diketahui sebagai ikan hias dengan harga yang mahal. Hal ini karena perawatan ikan arwana yang tidak mudah dan pertumbuhan dari ikan ini yang cukup lama. Ikan arwana bahkan dikategorikan sebagai jenis ikan hias air tawar yang paling mahal di dunia, terutama untuk yang varian ikan Arwana Platinum yang dijual hingga 5,5 milyar karena didalam tubuhnya ditanami microchip.

Pertumbuhan ikan arwana bisa mencapai panjang 3 kaki, sehingga sebaiknya jika ingin memelihara jenis ikan ini disediakan akuarium yang besar dengan kapasitas minimal 125 galon. Ikan arwana sendiri termasuk jenis ikan predator yang dapat melompat setinggi 6 kaki untuk memangsa mangsanya.

Selain ikan arwana, ada juga jenis ikan air tawar lainnya yang juga masuk kategori ikan hias mahal yaitu ikan Lou Han. Ikan ini sempat booming di tahun 2000-an karena memiliki bentuk kepala yang unik seperti ada benjolan. Semakin unik corak dari ikan Lou Han, harga ikan ini pun akan semakin mahal. Harga ikan ini dijual mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Cara Handling Ikan Hias Air Tawar yang Baru Dibeli

Setelah membahas beberapa jenis ikan hias air tawar dan harganya termasuk informasi ikan hias air tawar yang mahal, mungkin Anda tertarik untuk memelihara ikan hias? Akan tetapi masalahnya, ikan hias yang baru dibeli seringkali lebih cepat mati. Padahal ketika Anda membelinya, ikan masih dalam kondisi yang sehat. Mengapa begitu?

Hal ini karena Anda tidak melakukan handling yang baik ketika Anda baru saja membeli ikan dan memindahkannya ke akuarium. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan beberapa hal di bawah ini ketika Anda baru membeli ikan hias air tawar:

  • Pastikan akuarium sudah dilengkapi dengan aerator dan mesin filter
  • Pastikan air akuarium sudah dalam keadaan steril dan bebas dari patogen yang dapat mengganggu kesehatan ikan.
  • Masukkan ikan bersama plastik packing-nya, jangan langsung dilepas di air. Ini bertujuan untuk menyesuaikan suhu air di dalam plastik dengan air di akuarium agar ikan tidak stress.
  • Jangan beri makan ikan selama kurun waktu 24 jam sejak dibeli untuk memastikan bahwa, ikan memang dalam kondisi yang baik setelah terlihat berenang aktif.

Nah, itulah sedikit informasi yang bisa kami sampaikan tentang jenis ikan hias air tawar dan harganya. Semoga bermanfaat.