Beranda Tips Pertanian & Perkebunan Peluang Usaha Jadi Distributor Alat Pertanian

Peluang Usaha Jadi Distributor Alat Pertanian

1210

Peluang Usaha Jadi Distributor Alat Pertanian

Info Sikumis – Tertarik untuk menjadi distributor alat pertanian? Peluang usaha ini sepertinya mulai dilirik oleh kalangan pebisnis. Bukan hanya dari kalangan profesional, banyak pemula yang juga tertarik untuk memulai usaha ini.

Salah satu alasannya karena negara kita adalah negara agraris dimana sebagian besar penduduknya masih banyak yang memiliki sawah atau ladang di bidang pertanian.

Baca juga: Cara Menjadi Agen di Sikumis

Mengapa Distributor Alat Pertanian?

Mengapa tidak bisnis yang lain? Mengapa harus bisnis di bidang penjulan alat-alat pertanian? Tahukah Anda, bahwa yang membutuhkan alat-alat pertanian bukan hanya para petani saja, melainkan juga masyarakat pada umumnya.

Meskipun industri alat-alat pertanian sempat mengalami keterpurukan karena gempuran produk impor, namun ternyata sejak tahun 2011 produksi alat pertanian masih 60% saja memenuhi kebutuhan pasar.

Padahal menurut data dari Kementrian Perindustrian (Kemenperin) menyampaikan bahwa, kebutuhan mesin traktor di Indonesia saja mencapai angka 200,000 unit setiap tahunnya. Padahal dari industri yang besar saja hanya bisa memenuhi 140.000 unit saja.

Memang sejak pemerintah kita menerapkan aturan peralatan pertanian di Indonesia harus memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI), kualitas produksi pun juga harus ditingkatkan. Dilihat dari sisi ini saja, kita bisa memahami bahwa kebutuhan alat pertanian di Indonesia masih sangat tinggi.

Namun tidak dibarengi dengan pasokan yang efektif. Sehingga bisnis jadi distributor alat pertanian sepertinya memang menjadi sesuatu yang patut untuk Anda pertimbangkan.

Di sisi yang lain, membuka usaha jual alat pertanian juga tidak melulu untuk alat-alat yang besar saja. Disini Anda juga bisa menjual produk-produk pertanian yang lain, misalnya untuk alat-alat kecil, pupuk, atau komponen lainnya yang dibutuhkan dalam pertanian.

Jenis-Jenis Alat Pertanian yang Bisa Dijual

Ada apa saja sih jenis-jenis alat pertanian yang bisa dijual? Berikut beberapa jenis-jenis alat pertanian dan fungsinya yang bisa jadi ide bisnis penjualan alat pertanian Anda:

  1. Traktor

Traktor menjadi alat pertanian yang paling dibutuhkan. Traktor sendiri termasuk bentuk modern dari cangkul untuk membajak sawah secara lebih efektif. Mesin traktor ada yang berukuran besar, namun ada juga yang memiliki ukuran kecil.

Fungsi traktor adalah untuk menggemburkan tanah agar siap di tanami pasca panen. Traktor terdiri dari dua jenis roda, yaitu roda rantai biasa untuk tanah berlumpur dan traktor roda dua yang digunakan pada tanah kering.

  1. Rovator

Rovator juga termasuk perlatan modern dalam bidang pertanian. Alat ini memiliki fungsi untuk melakukan pengolahan tanah pertama dan juga kedua.

Hal yang pertama adalah untuk memotong, mencacah serta membolak-balikan tanah. Sedangkan fungsi kedua adalah untuk merapikan tanah dan menghilangkan tanaman-tanaman pengganggu seperti rumput.

  1. Garu Sisir

Garu sisir ini juga alat pertanian yang digunakan untuk mengolah tanah. Biasanya alat ini digunakan pada tanah yang basah, sehingga tanah yang berbentuk bongkahan dapat gembur.

  1. Garu Piring

Untuk alat pertanian yang satu ini biasanya digunakan untuk pengolahan tanah sebelum tanam, yaitu untuk membersihkan rumput di lahan tanam.

Selain itu, Garu Piring juga digunakan untuk pengolahan sesudah tanam yakni untuk menutupi benih yang sudah disebar di tanah.

  1. Bajak Subsoil

Alat pertanian ini memiliki fungsi untuk memecahkan tanah hingga mencapai kedalaman 20 hingga 36 inchi. Biasanya diperlukan untuk parit pada lahan tanam.

Selain dari lima alat pertanian yang sudah disebutkan diatas, ada juga jenis alat pertanian yang memiliki fungsi sebagai alat tanam. Misalnya seperti alat penanam jagung, alat penanam padi dan penanam kentang (Bunker Harvester).

Dalam pertanian modern, juga telah tersedia alat pemanen modern seperti alat pemanen kacang tanah, pemanen kentang dan juga pemanen tebu.

Dengan alat pertanian modern seperti ini tentunya semakin memudahkan para pertani dalam menggarap sawah atau ladang mereka.

Untuk membuka usaha jadi distributor alat pertanian juga bisa menjual beberapa peralatan pertanian yang masih tradisional seperti cangkul, gerejag, parang, sayak, langai, culek, tudung, tampiah, gleng dan lainnya.

Karena hingga saat ini alat-alat pertanian tradisional juga masih banyak yang membutuhkan untuk mengolah lahan dalam skala luas maupun lebih kecil.

Tips Membuka Usaha Distributor Alat Pertanian

Jika Anda tertarik untuk membuka usaha di bidang penjualan alat-alat pertanian, mungkin Anda bisa menggunakan beberapa tips awal berikut ini untuk memulai usaha Anda:

  • Menentukan Lokasi yang Strategis

Jika Anda ingin membuka sebuah toko besar yang menjual alat-alat pertanian, maka sebaiknya pertimbangkan lokasi tempat jualan Anda nantinya. Salah satunya adalah lokasi harus berada di daerah yang strategis karena akan menentukan hasil dari pendapatan toko Anda.

Misalnya dengan menggunakan lokasi yang berada di kota, dengan mayoritas penduduknya banyak yang memiliki sawah atau lahan tanam. Dengan begini maka strategi pemasaran Anda nantinya juga tidak akan terlalu sulit.

Ciri lokasi yang strategis lainnya juga dilihat dari kemudahan akses konsumen untuk menuju ke tempat Anda. Usahakan untuk memilih lokasi yang memiliki akses jalan bagus dan tidak terlampau jauh. Selain itu, pastikan juga kondisi di sekitar toko Anda nantinya memiliki suasana yang aman, nyaman dan bersih tentunya.

  • Mencari Supplier Produk Terpercaya

Tips yang paling penting dalam usaha bisnis alat pertanian adalah mendapatkan supplier yang terpercaya. Mengingat bahwa saat ini pemerintah sudah menerapkan standar SNI untuk semua produk alat pertanian yang digunakan, maka sebaiknya pilih supplier yang juga memiliki fitur seperti ini. Agar alat-alat pertanian yang Anda jual nantinya mendapatkan kepercayaan di hati konsumen.

  • Manfaatkan Jualan Online

Di tengah kemajuan teknologi informasi dan komunikasi saat ini, Anda bisa menggunakan internet sebagai ladang bisnis Anda. Selain dengan membuka toko, Anda juga bisa menjadi distributor alat pertanian secara online.  Apalagi pemasaran secara online dinilai cukup efektif untuk mendapatkan konsumen dari berbagai wilayah.

Menjadi Distributor Alat Untuk Pertanian Terpercaya dan Berkualitas

Selain dari beberapa tips yang sudah disebutkan di atas, untuk sukses dalam bisnis jual alat pertanian juga sangat penting untuk menjadi yang terpercaya dan berkualitas.

Nah, yang dimaksud disini adalah ketika Anda bisa menjadi distributor yang tidak hanya memiliki produk terbaik saja, namun juga memiliki pelayanan yang bagus.

Dalam bisnis yang berhubungan dengan konsumen, maka pelayanan yang prima turut menjadi sesuatu yang penting dan harus terus dijaga. Apalagi bisnis alat pertanian ini juga bukan sesuatu yang main-main, karena modal yang akan Anda keluarkan pastinya sangat besar.

Sehingga jika Anda ingin membuat para konsumen menjadi pelanggan setia Anda, pastikan bahwa Anda bisa menjadi distributor dengan kualitas pelayanan yang terbaik.

Tertarik untuk memulai bisnis penjualan alat pertanian? Mungkin penjelasan di atas bisa menjadi bahan pertimbangan Anda. Karena dilihat dari peluangnya, menjadi distributor alat pertanian memang cukup menjanjikan. #gerakanpetanimodern